Close
Pendaftaran
FPK UNAIR
  • English
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

PERJALANAN PRAKTIKUM LAPANG MAHASISWA SEMESTER IV MANAJEMEN MARIKULTUR DAN MANAJEMEN AKUAKULTUR PAYAU

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

PERJALANAN PRAKTIKUM LAPANG MAHASISWA SEMESTER IV MANAJEMEN MARIKULTUR DAN MANAJEMEN AKUAKULTUR PAYAU

Bagikan

Berita FPK – Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga setiap tahun memberikan wawasan kepada mahasiswa Program Studi Akuakultur untuk melihat langsung kondisi perikanan budidaya di lapangan. Kegiatan tersebut masuk sebagai kegiatan Praktikum Lapang dari mata kuliah Manajemen Marikultur dan Manajemen Akuakultur Payau. Praktikum lapang dilaksanakan awal bulan Mei, tanggal 1-3 Mei 2019 dengan Dosen Pembimbing: Dr. Gunanti Mahasri, Ir., M.Si., Dr. Akhmad Taufiq Mukti, S.Pi, M.Si., Dr. Woro Hastuti Satyantini, Ir., M.Si., Luthfiana Aprilianita Sari, S.Pi., M.Si. dan Wahyu Isroni S.Pi., MP.

Mahasiswa telah berkumpul di kampus pada pukul 21.00 WIB, agar dapat berangkat pukul  00.30 WIB dari Fakultas Perikanan dan Kelautan serta dapat mempersiapkan peralatan yang akan dibawa. Fakultas menyediakan fasilitas untuk beristirahat selagi menunggu jam keberangkatan. Hari pertama praktikum lapang diawali dengan kunjungan ke tambak udang TYS II, tambak udang Hasil Sukses (HS), dan tambak udang Mlandingan Indah Raya (MIR) di Situbodo. Kunjungan dilanjutkan ke hatchery ikan kerapu di sekitar Bungatan, Situbondo sesuai arahan dari Bapak Arbono, Ketua Asosiasi Hatchery Situbondo.

Hari kedua saat dini hari, perjalanan dilanjutkan menuju Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan (BBRBLPP) Gondol, Bali dan Perhimpunan Pembudidaya Perikanan Pantai Buleleng-Bali (P4B), setelah beristirahat di gedung PSDKU Banyuwangi. Di instansi BBRBLPP Gondol – Bali, rombongan diterima oleh Bapak Wawan Andriyanto, M.Sc. Selama kegiatan praktikum lapang di Gondol, mahasiswa memperoleh informasi penting dari praktisi di lapang terkait dengan pemeliharaan larva kerapu, terutama  pemilihan dan pengelolaan spektrum, intensitas, dan durasi paparan cahaya ke larva. Pukul 14.00 WITA, rombongan menuju P4B dan diterima oleh bapak Albert. Kegiatan hari kedua berakhir sekitar pukul 17.00 WITA dan langsung menuju hotel di daerah Seririt Bali.

Hari ketiga dimulai pada pukul 05.00 WITA menuju dua tambak yang dikelola oleh Shrimp Club Indonesia (SCI) di daerah Buleleng Bali. Kegiatan praktikum lapang berakhir pukul 14.00 WITA, dan melanjutkan perjalanan kembali ke Surabaya. Diharapkan, praktikum lapang Manajemen Marikultur dan Manajemen Akuakultur Payau dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa sehingga capaian pembelajaran mata kuliah tersebut dapat tercapai.

 

Penulis
Luthfiana Aprilianita Sari
(Departemen Kelautan)

5/5