Close
Pendaftaran
FPK UNAIR

Press Release Webinar Let’s Talk About Part 2: “Mantaining Mental Health Through Self Love”

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Press Release Webinar Let’s Talk About Part 2: “Mantaining Mental Health Through Self Love”

Bagikan

Warta FPK — Banyaknya tekanan dan tugas yang diterima mahasiswa secara tidak sadar memengaruhi timbulnya stres yang berdampak pada kesehatan mental. Dengan maraknya krisis kesehatan mental yang banyak dialami mahasiswa, BEM Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga mengajak Social Connect untuk bekerja sama dengan memfasilitasi para mahasiswa dengan mengadakan webinar yang bernama Let’s Talk About 2.0 yang mengangkat tema “Mantaining Mental Health Through Self Love”. Social Connect sendiri merupakan salah satu komunitas kesehatan mental terbesar di Indonesia yang hadir untuk membangun akses terhadap informasi dan pengetahuan kesehatan mental kepada siapa pun. Komunitas Social Connect memiliki mimpi untuk menciptakan Indonesia yang inklusif, di mana orang-orang bisa bercerita dan berdiskusi tentang kesehatan mental tanpa takut akan stigma dan diskriminasi.

Webinar ini diadakan secara daring pada hari Sabtu, 23 Oktober 2021 melalui media Zoom Meetings. Adapun narasumber yang mengisi dalam webinar ini adalah Putu Rarasati selaku Medical Expert dari Social Connect dan Wangsa Loka selaku penulis buku “Bukan Salah Cinta” dan Content Writer di akun Instagram @ini.untukmu.

Webinar ini diawali dengan pembukaan dan sambutan dari perwakilan BEM FPK Unair. “Dengan adanya webinar ini, harapannya mampu memberikan insight baru kepada teman-teman semua terhadap isu kesehatan mental dan pengembangan diri terutama self-love,” ucap Ardhy Firmansyah selaku Ketua BEM Fakultas Perikanan dan Kelautan Unair dalam sambutannya.

Setelah pembukaan dan sambutan, diadakan pemaparan materi yang dibagi menjadi 2 sesi. Dalam sesi pertama, materi dibagikan oleh Putu Rarasati dari Social Connect. Raras membagikan materi yang diawali dari pengenalan kesehatan mental, definisi dan manfaat self-love, hingga tantangan dalam melakukan self-love. Tak lupa, Raras juga memberikan tips untuk menumbuhkan self-love dengan menggunakan rumus yang dinamakan Rumus “Cinta Diri dengan 6 Abjad”, yaitu Apreciation, Boundaries, Connect to loved ones, Do self-care routine, Embrace uniqueness, dan Forgiveness. Lalu, sesi kedua disampaikan oleh Wangsa Loka dari @ini.untukmu, yang memberikan materi seputar self-love dan penerapannya. Wangsa juga menjelaskan tentang betapa pentingnya sebuah proses dalam menjalani hidup.

Saat sesi kedua yaitu sesi tanya jawab dibuka para peserta sangat antusias. Terdapat berbagi partisipan yang berasal dari berbagai instansi turut unjuk diri untuk mengajukan pertanyaannya ataupun mengutarakan keluh kesah. Tentu Putu Raras dan Wangsa Loka siap menjawab dan ikut membagikan pengalamannya terkait hal yang diajukan. Adapun webinar ini sukses dihadiri oleh kurang lebih 67 peserta, yang diharapkan dapat mengambil pembelajaran dari materi yang telah disampaikan. Para peserta juga didorong untuk dapat menerapkan self-love demi terjaganya kesehatan mental.

Penulis : Fathurrachman Zuhdi (Media Relations Analyst di Social Connect) dan Shafa Aisyah Rahmalia (Akuakultur, 2020)

Editor: Jevica Ozora (Special Project Lead di Social Connect)

Loading

5/5