Close
Pendaftaran
FPK UNAIR
  • English
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Rahasia Sukses Budidaya Ikan Kerapu Cantang: Alternatif Pakan dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Rahasia Sukses Budidaya Ikan Kerapu Cantang: Alternatif Pakan dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan

Bagikan

Ikan kerapu cantang (Epinephelus fuscoguttatus-lanceolatus) termasuk kelompok ikan yang memiliki harga tinggi. Ikan kerapu cantang merupakan hasil persilangan ikan kerapu macan (E. fuscoguttatus) dan ikan kerapu kertang (E. lanceolatus). Pertumbuhan ikan kerapu merupakan salah satu persoalan yang dihadapi oleh para petani kerapu, dimana dalam permasalahan ini sering kali memerlukan biaya yang besar untuk kebutuhan pakan ikan kerapu. Harga pakan buatan yang tinggi mengakibatkan tingginya biaya produksi pakan (Hermawan dkk., 2015). Kebutuhan nutrisi pakan ikan kerapu harus memiliki kandungan protein yang tinggi, karena tergolong hewan karnivora (Akbar dkk., 2012). Kebutuhan protein ikan kerapu berkisar 47,8% hingga 60% (Suwirya dkk., 2005).

Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa secara kuantitatif pakan komersial berpengaruh nyata menghasilkan pertumbuhan, sintasan dan efisiensi pakan lebih baik diantaranya; SGR (0,5618%), SR (85%), FCR (3,69), dan EPP (27,08%) dibandingkan dengan perlakuan lainnya dan Kualitas air pada media pemeliharaan terdapat pada kisaran yang layak untuk pemeliharaan ikan kerapu cantang. Namun demikian, Penulis menyarankan bahwa pemberian, ikan beloso (Saurida tumbil), ikan Kurisi (Nemipterus nematophorus) dan ikan rucah campuran memiliki efek positif pada kinerja pertumbuhan, sintasan, efisiensi pakan dan kualitas air pada ikan kerapu cantang (E. fuscogutattus-lanceolatus) (P<0,05) walaupun proteinnya masih dibawah pakan komersial. Ikan beloso (S. tumbil), ikan kurisi (N. nematophorus) dan ikan rucah campuran dapat dijadikan sebagai pakan alternatif karena harga yang relatif terjangkau, namun kedua pakan tersebut tidak membuat pertumbuhan ikan kerapu cantang menjadi lebih cepat.

Referensi

Akbar, S., Marsoedi, Soemarno dan E. Kusnandar. 2012. Pengaruh Pemberian Pakan yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Ikan Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus) pada Fase Pendederan di Keramba Jaring Apung (KJA). Jurnal Teknologi Pangan. 1 (2): 93-101.

Suwirya, K., N. A. Giri dan M. Marzuqi. 2005. Beberapa Kebutuhan Ikan dalam Pengembangan Pakan untuk Menunjang Budidaya Laut. Prosiding Seminar Riptek Kelautan Nasional. Balai Besar Riset Perikanan Budidaya Laut, Gondol. Bali. 5 hlm.

Penulis:
Rozi
(Departemen MKI-BP)
Email: rozi@fpk.unair.ac.id

5/5