Close
Pendaftaran
FPK UNAIR
  • English
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Raja Ampat : Surga Dunia Bawah Laut di Papua

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Raja Ampat : Surga Dunia Bawah Laut di Papua

Bagikan

Papua merupakan wilayah yang sangat dikenal dengan keindahan alam yang tiada duanya. Salah kepulauan yang sering dikunjungi adalah Raja Ampat. Raja Ampat, yang terletak di Provinsi Papua Barat, Indonesia, dikenal sebagai salah satu tujuan penyelaman terbaik di dunia dan memiliki potensi terumbu karang yang luar biasa. Wilayah ini terdiri dari lebih dari 1.500 pulau kecil dan terumbu karang yang luas. Terumbu karang di Raja Ampat dikenal karena keanekaragaman hayati yang luar biasa. Wilayah ini memiliki lebih dari 75% spesies karang dunia, sehingga menjadikannya salah satu pusat biodiversitas laut yang paling penting di planet ini. Ada lebih dari 600 jenis karang, 1.700 spesies ikan, dan sejumlah besar spesies lain seperti kima, moluska, dan biota laut lainnya. Keindahan dan keberagaman terumbu karang di Raja Ampat telah mengundang minat banyak wisatawan dan peneliti. Namun, ekosistem terumbu karang ini juga menghadapi tantangan dan ancaman. Pemanasan global, polusi, dan kerusakan fisik akibat aktivitas manusia dapat berdampak negatif pada terumbu karang di wilayah ini. 

Keanekaragaman terumbu karang di Raja Ampat meliputi berbagai jenis dimulai dari terumbu karang batu, terumbu karang busur, terumbu karang tepi, terumbu karang karang, terumbu karang terbuka, terumbu karang atas, dan terumbu karang punggung. Selain dapat dijadikan pariwisata dan menunjang ekonomi, poin penting dari adanya terumbu karang di dalam perairan yaitu sebagai tempat berlindung dan tempat memijah bagi biota laut, penyedia oksigen bagi organisme air, bahkan sebagai pelindung pantai. Terumbu karang di Raja Ampat pernah mengalami pemutihan akibat dari bleaching dan penyakit Black Band Disease (BBD), namun saat ini kondisi tersebut membaik dan masih dalam batas aman untuk kehidupan biota laut. Oleh karena itu, sebagai masyarakat dalam maupun luar pentingnya menekankan pelestarian dan perlindungan terumbu karang di Raja Ampat untuk menjaga keberlanjutan ekosistem dan kesejahteraan manusia. Keberhasilan konservasi di wilayah ini memiliki dampak positif tidak hanya pada ekosistem lokal, tetapi juga pada ekonomi dan kehidupan masyarakat setempat yang bergantung pada pariwisata dan sumber daya alam. 

 

Penulis : Kety Santika, Rosita Amelinda, Rosa Arianto, Muhammad Raifasya Baihaqy, Arnold Janssen Wijayatmoko, Khalyla Noor Anisa Rifai

5/5