Close
Pendaftaran
FPK UNAIR

RUBRIK PENILAIAN: KRITERIA PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

RUBRIK PENILAIAN: KRITERIA PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Bagikan

Penilaian pembelajaran merupakan salah satu standar nasional pendidikan tinggi menurut Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2015.  Dalam instrument Audit Internal AIMS Program Studi terdapat pertanyaan tentang metode yang digunakan untuk penilaian/asesmen mahasiswa yang terintegrasi dalam proses pembelajaran.  Apakah menggunakan metode: teacher-assessment, portofolio mahasiswa, peer-assessment dan self-assessment? Pertanyaan tersebut lebih ke arah teknik penilaian, sedangkan rubrik penilaian merupakan instrumen penilaian yang digunakan oleh Dosen.  Teknik dan instrumen penilaian merupakan salah satu aspek dalam penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa selain prinsip penilaian, mekanisme dan prosedur penilaian, pelaksanaan penilaian, pelaporan penilaian, dan kelulusan mahasiswa. Keenam aspek tersebut tertuang dalam Pasal 19, Ayat 2 dari Peraturan Menristekdikti  Nomor 44 tahun 2015.

Salah satu pertanyaan yang diajukan oleh Asessor AUN-QA ketika melakukan asesmen AUN-QA pada Prodi Budidaya Perairan adalah tentang rubrik penilaian. Pertanyaan tersebut diajukan karena rubrik merupakan panduan penilaian yang menggambarkan kriteria yang diinginkan dalam menilai. Misalnya ketika mahasiswa menjawab soal kuis atau ujian suatu mata kuliah bentuk esai, maka harus ada panduan penilaian atau rubrik untuk memberikan nilai, sehingga siapapun Dosen pengampu mata kuliah tersebut akan memberikan nilai yang sama, karena kriteria penilaiannya jelas.  Rubrik dapat memberikan informasi bobot penilaian sesuai dengan kemampuan mahasiswa, sehingga dapat mendorong mahasiswa untuk belajar lebih aktif.  Rubrik juga dapat digunakan mahasiswa untuk mengukur capaian kemampuannya sendiri atau kelompok belajarnya.  Selain sebagai pedoman dalam proses belajar mengajar dan penilaian hasil belajar mahasaiswa, rubrik juga dapat digunakan sebagai instrumen untuk refleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung. Bila semua Dosen tanpa terkecuali mau menggunakan rubrik penilaian, maka niscaya pertanyaan Auditor atau Asessor: “Apakah  capaian pembelajaran mata kuliah sudah dicapai oleh mahasiswa peserta mata kuliah tersebut?” atau “Apakah mahasiswa sudah dapat mengukur capaian kemampuannya?” dapat dijawab oleh Program Studi dengan disertai bukti yang tidak terbantahkan.

Penulis : Wahju Tjahjaningsih

Editor    : Dwi Yuli Pujiastuti

Loading

5/5