Close
Pendaftaran
FPK UNAIR

Simulasi Tanggap Bencana Gedung Sukses Digelar di Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Simulasi Tanggap Bencana Gedung Sukses Digelar di Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Bagikan

Simulasi tanggap bencana gedung di selenggarakan hari Sabtu, 25 November 2023 yang melibatkan mahasiswa, tendik, dan dosen dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga (Unair) berhasil digelar dengan sukses. Acara ini diinisiasi oleh Direktorat Sarana dan Prasarana Unair sebagai bagian dari upaya peningkatan kesiapsiagaan terhadap kejadian darurat di lingkungan kampus.

Simulasi kali ini menitikberatkan pada respons terhadap situasi kebakaran yang terjadi di Laboratorium Kimia & Analisis, sebuah fasilitas vital di Fakultas Perikanan dan Kelautan. Peserta simulasi, terdiri dari mahasiswa, tenaga kependidikan, dan dosen, diberikan skenario realistis untuk menguji kemampuan mereka dalam menghadapi keadaan darurat.

Sebagai bagian dari simulasi, peserta dilatih untuk menggunakan berbagai metode pemadaman api, termasuk penggunaan karung goni basah dan pemadam api ringan (APAR). Langkah-langkah tindakan cepat dan efektif dalam mengatasi kebakaran di laboratorium kimia menjadi fokus utama, mengingat potensi bahaya yang dapat timbul.

Simulasi ini juga mempertimbangkan aspek evakuasi, koordinasi tim tanggap bencana, dan komunikasi di antara semua pihak terlibat. Para peserta diberikan kesempatan untuk mengasah keterampilan dalam menghadapi skenario darurat yang realistis dan meningkatkan koordinasi tim di lingkungan kampus.

Kepala Tata Usaha Agus Sutiyono, S.Sos., M.M Mewakili dari Pihak Dekanat, menyatakan kepuasannya terhadap kelancaran simulasi tersebut. “Simulasi ini penting untuk meningkatkan kesiapsiagaan kami dalam menghadapi keadaan darurat. Kami ingin memastikan bahwa seluruh komunitas Unair dapat merespons dengan cepat dan efektif dalam mengatasi situasi darurat,” ucapnya.

Simulasi tanggap bencana gedung ini diharapkan dapat menjadi landasan untuk penyelenggaraan latihan rutin di masa mendatang, guna memastikan seluruh anggota komunitas Unair terlatih dan siap bertindak dalam menghadapi berbagai kondisi darurat.

Loading

5/5