Close
Pendaftaran
FPK UNAIR
  • English
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

UPDATE PERKEMBANGAN INFORMASI DI LAPANGAN MELALUI KUNJUNGAN KE BKIPM BALIKPAPAN

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

UPDATE PERKEMBANGAN INFORMASI DI LAPANGAN MELALUI KUNJUNGAN KE BKIPM BALIKPAPAN

Bagikan

Berita FPK – Kunjungan Dosen FPK dari Departemen Manajemen Kesehatan Ikan dan Budidaya Perairan (MKI-BP) ke Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kelas I Balikpapan untuk update informasi terkait permasalahan dan perkembangan penyakit yang terjadi di lapangan. Perwakilan Dosen FPK yang terdiri dari  Dr. Gunanti Mahasri (Ketua Departemen MKI-BP), Dr Woro Hastuti (Sekretaris Departemen MKI-BP), Dr Taufik Mukti dan dosen muda, Wahyu Isroni disambut oleh Kepala Balai KIPM, Bapak Sab Lestiawan, A.Pi, M.Si.  Kunjungan tersebut  juga sebagai upaya Fakultas untuk  menjaring masukan dari stakeholder eksternal serta dapat mempererat hubungan kerjasama antara FPK dengan BKIPM Balikpapan.

Kepala Balai KIPM menyampaikan permasalahan yang dihadapi oleh BKIPM adalah “penyelundupan kepiting bertelur”. Sesuai Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP) Nomor 56 Tahun 2016 tentang larangan penagkapan dan/atau pengeluaran Lobster, Kepiting, dan Rajungan dari wilayah Republik Indonesia. Berdasarkan peraturan tersebut, kepiting dalam keadaan bertelur dan kepiting undersize dengan ukuran di bawah 200 gram per ekor dilarang ditangkap atau diperjual belikan.

Sosialisasi terkait Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP) Nomor 56 Tahun 2016 serta menyiapkan tempat penampungan bagi kepiting dan rajungan yang undersize 200 gram untuk dilakukan pembesaran sampai memenuhi dan tidak melanggar aturan untuk diperjual belikan merupakan solusi yang dilakukan oleh BKIPM.

Penulis

Wahyu Isroni
Departemen MKI-BP
Email: wahyu.isroni@fpk.unair.ac.id

5/5