BENCHMARKING PEMBENTUKAN PRODI ILMU DAN TEKNOLOGI KELAUTAN PADA PROGRAM STUDI ILMU KELAUTAN

BENCHMARKING PEMBENTUKAN PRODI ILMU DAN TEKNOLOGI KELAUTAN PADA PROGRAM STUDI ILMU KELAUTAN

BENCHMARKING PEMBENTUKAN PRODI ILMU DAN TEKNOLOGI KELAUTAN PADA PROGRAM STUDI ILMU KELAUTAN, FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN, UNIVERSITAS BRAWIJAYA 

Tim pembentukan prodi baru Ilmu dan Teknologi Kelautan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga (FPK, UNAIR) melakukan benchmarking dengan Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya (FPIK, UB), sebagai bagian persiapan untuk membuka program studi baru di lingkungan FPK UNAIR Surabaya. Kegiatan ini dilakukan untuk menentukan unsur utama dari tujuan pendirian prodi baru yaitu keunikan, capaian pembelajaran, profil lulusan serta kurikulum dll. Unsur-unsur seperti ini lah yang dijadikan patokan untuk mendirikan sebuah prodi baru. 

Kegiatan ini telah terlaksana dengan baik dan lancar pada tanggal 24 Oktober 2022 berlokasi di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang. Tim pembentukan prodi baru FPK UNAIR mendapat sambutan hangat dari ketua departemen, ketua program studi Ilmu Kelautan FPIK UB beserta jajarannya. 

Tim dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Unair saling berdiskusi dengan ketua departemen, ketua program studi dan staf pengajar program studi Ilmu Kelautan FPIK Universitas Brawijaya, diantaranya: Ibu Feni Iranawati, SPi, M.Si, Ph.D, Bapak Ade Yamindago, S.Kel, MP, M.Sc, Ph.D, Bapak Prof. Dr. Rudianto, MA, Ibu Desy Setyoningrum, S.Kel, MP, Ibu Rarasrum Dyah Kasitowati, S.Kel, M.Si, M.Sc, dan bapak ibu staf pengajar yang lain. Kami saling bertukar informasi tentang pembentukan program studi baru Ilmu dan Teknologi Kelautan. 

Pada kegiatan ini disampaikan gambaran tentang kurikulum yang ditawarkan oleh program sarjana Ilmu Kelautan, sistem penjaminan mutu, akreditasi Prodi, program MBKM dan kerja sama program studi. Beberapa poin diantaranya adalah:  

Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya didirikan berdasarkan SK No. 2953/D/T/2008 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi pada Tanggal 4 September 2008. Program Studi ini memfokuskan kajian kepada empat bidang utama, yaitu konservasi sumberdaya pesisir dan laut, oseanografi, eksplorasi, dan bioteknologi. Prodi Ilmu Kelautan FPIK UB telah mendapatkan Akreditasi A dari BAN-PT dengan nomor SK (1527/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2018, 6 Juni 2018-6 Juni 2023).