Close
Pendaftaran
FPK UNAIR
  • English
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Karakter Cyphastrea chaldicum

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Karakter Cyphastrea chaldicum

Bagikan

Lautan telah menyimpan rahasia yang mengagumkan, dan dunia bawah permukaan laut sering kali memberikan kejutan luar biasa. Terdapat salah satu spesies karang yang tak hanya memukau mata, tetapi juga memiliki misteri yang mendalam, Cyphastrea chalcidicum. Spesies karang yang ditemukan di kedalaman sekitar 100 hingga 200 meter ini telah menjadi sorotan dalam komunitas ilmiah. Porifera yang termasuk dalam Kingdom Animalia, Filum Coelenterata, Kelas Anthozoa, Ordo Scleractinia, Famili Merulinidae, Genus Cyphastrea, dan Spesies Cyphastrea chalcidicum ini memiliki bentuk koloni encrusting atau merayap dengan permukaan yang berlekuk-lekuk tidak merata. Koralitnya tersebar dan berbentuk cone dengan kosta (struktur skeleton yang terletak di luar koralit) berselang seling dan memiliki 12 septa.

Hewan ini memiliki warna seragam, coklat, hijau atau krem, sementara itu dinding koralit dan kaliks warna berbeda. Dengan lapisan-lapisan warna yang indah, spesies karang ini menghadirkan corak unik yang membuat kita terpesona. Keindahan ini telah membuatnya menjadi sorotan bagi penyelam dan peneliti kelautan yang takjub oleh pesona alam bawah laut. Kecantikan Cyphastrea chalcidicum tidak hanya sekadar tampilan. Spesies karang ini juga memegang peran penting dalam ekosistem laut dalam. Mereka adalah rumah bagi berbagai makhluk laut yang mencari perlindungan, serta berperan dalam menjaga keseimbangan siklus nutrisi laut yang kompleks. Dengan demikian, mereka bukan hanya memiliki tampilan yang memukau, namun juga elemen kunci dalam ekologi laut dalam.

Meskipun Cyphastrea chalcidicum telah membawa kita lebih dekat pada kekayaan tersembunyi di dasar laut, mereka juga dapat menghadapi ancaman. Menurut IUCN, status konservasi karang ini termasuk dalam Least Concern atau berisiko rendah. Sebuah takson dinyatakan berisiko rendah ketika dievaluasi, tidak memenuhi kriteria Kritis (Critically Endangered; EN), Genting (Endangered; EN), Rentan (Vulnerable; VU), atau Mendekati Terancam Punah (Near Threatened; NT). Perubahan iklim, polusi, dan tindakan manusia dapat mengancam kelangsungan hidup mereka dan ekosistem laut dalam yang mereka huni. Oleh karena itu, perlindungan dan pemantauan yang cermat tetap diperlukan untuk menjaga kecantikan dan peran penting Cyphastrea chalcidicum dalam ekosistem bawah laut yang menakjubkan ini. Hal ini dapat menjadi pengingat kuat akan keajaiban alam yang masih menanti untuk ditemukan di kedalaman laut kita. Dengan pemahaman lebih lanjut tentang kehidupan laut dalam, kita dapat merencanakan tindakan yang lebih baik untuk melestarikannya bagi generasi mendatang.

 

Penulis: Melani Larasati

5/5