Forum Internasional China-ASEAN 2022

Forum Internasional China-ASEAN 2022

Forum Internasional China-ASEAN 2022 : Sustainable Development Of Fisheries And Aquaculture Under The Blue Transformation Strategy

Melalui online zoom meeting pada 19-22 November 2022, telah dilaksanakan Forum Internasional China-ASEAN 2022 dengan judul Sustainable Development Of Fisheries And Aquaculture Under The Blue Transformation Strategy. Forum ini diadakan oleh Ocean University of China yang dibuka pada Minggu 20 November 2022 oleh Li Qi, Dekan Ocean University of China. 

Sebuah kehormatan bagi Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga (FPK UNAIR) dapat berkesempatan untuk berbagi ilmu dan diskusi dalam forum ini. Dekan FPK UNAIR, Prof. Moch. Amin Alamsjah, Ir., M.Si., Ph.D., memberikan materi yang berjudul “Development of Fisheries and Aquaculture in the Blue Economy Era in Indonesia”. Forum internasional ini dibagi menjadi 4 sesi dengan 4 moderator, antara lain Li Qi, Dekan Ocean University of China; Ai Qinghui, Profesor dari University of China; Wan Min, Profesor dari University of China dan Xu Peng, Profesor dari Xiamen University. Selain dekan dari FPK UNAIR, pemateri lain yang turut mengisi diskusi antara lain Subha Bhassu, Profesor dari Universitas Malaysia; Nie Pin, Profesor dari Qingdao Aquaculture University China; Liu Jiashou, Peneliti dari Institut Hidrobiologi Chinese Academy of Science; Kay Lwin Tun, Professor dan Kepala Departemen Zoologi, Fisheries And Aquaculture Universitas Yangon Myanmar; Wida Susanty Haji Suhaili, Asisten Profesor dari Universiti Teknologi Brunei; Sun Chengbo, Profesor dari Guangdong Ocean University China; Suriyan Tunkijjanukij, Profesor dari Kasetsart University Thailand; Encarnacion Emilia S. Yap, Dekan Universitas Visayas Philipina; Zhang Jihong, peneliti dari Institut Yellow Sea Fisheries Chinese Academy of Science; Tirawat Rairat, dosen dari Kasetsart University Thailand dan Cao Minjie, Profesor dari Universitas Jimei China. 

Prof. Moch. Amin Alamsjah, Ir., M.Si., Ph.D. membahas materi mengenai perkembangan perikanan dan kelautan jika ditinjau dari Blue Economy Era yang ada di Indonesia. Materi tersebut meliputi peraturan pemerintah yang berdampak pada perikanan dan kelautan. Selain itu, diharapkan melalui forum ini kita dapat berbagi ilmu mengenai bagaimana negara lain menghadapi Blue Economy Era serta peran pemerintah pada masing-masing negara dalam mengembangkannya.