Close
Pendaftaran
FPK UNAIR

AIRLANGGA MARITIME WEEK 2019: 50 TIM PENDAFTAR DARI 8 PROVINSI DI INDONESIA

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

AIRLANGGA MARITIME WEEK 2019: 50 TIM PENDAFTAR DARI 8 PROVINSI DI INDONESIA

Bagikan

Berita FPK – Airlangga Maritime Week (AMW) adalah salah satu program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa FPK Unair berupa lomba karya tulis imiah tingkat nasional. Kategori peserta dalam lomba karya tulis kali ini dibagi menjadi dua yaitu kategori siswa dan kategori mahasiswa. Untuk tahun ini, AMW mengusung tema “Strategi Optimalisasi Kemaritiman dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Menuju Indonesia Emas 2045”

“Kita semua tahu bahwa Indonesia adalah negara kepulauan terbesar, namun faktanya pada tahun 2017 dari sektor laut kita hanya mampu menyumbang 27% saja dari total pendapatan PDB Nasional, sementara Jepang dan China yang hanya memiliki laut setengah dari luas laut Indonesia dapat memanfaatkan kekayaan maritim mereka hingga mampu menyumbang 49% pendapatan negara, itu artinya pemanfaatan dan optimalisasi kekayaan maritim kita masih sangat lemah dan ini menjadi PR kita bersama sebagai akademisi” jelas Akbar Maulana Ketua BEM FPK saat memberikan sambutan pembukaan AMW 2019.

Pada tahun ini jumlah pendaftar AMW terdiri dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia, mereka berasal dari 8 provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Tengah, dan Bali. Para pendaftar terdiri dari 26 tim kategori siswa dan 24 tim kategori mahasiswa.

Dibandingkan tahun lalu, AMW tahun ini hanya bersisi satu jenis lomba saja yaitu lomba karya tulis ilmiah. Kendati demikian, AMW tahun ini memiliki tiga kategori juara yaitu presentasi terbaik, prototipe terbaik, dan karya tulis ilmiah terbaik.  “Untuk AMW tahun lalu, selain lomba karya tulis ilmiah juga ada lomba poster dan fotografi. Untuk tahun ini kita fokus hanya pada lomba karya tulis ilmiah saja.  Pengambilan tim untuk putaran final tahun ini berumlah 10  tim dari masing-masing kategori peserta sedangkan tahun lalu 5 tim saja” jelas Megana selaku ketua pelaksana AMW 2019 saat ditanya mengenai perubahan konsep AMW dari tahun lalu.

Juara I lomba karya tulis ilmiah tingkat siswa diraih oleh tim dari SMKN 1 Jember, Juara II diraih oleh tim dari MAN 1 Jembrana Bali, dan juara III juga diraih oleh tim dari MAN 1 Jembrana Bali. Untuk tingkat mahasiswa, juara I lomba karya tulis ilmiah diraih oleh tim dari Universitas Airlangga, juara II diraih oleh tim dari Universitas Diponegoro, dan juara III diraih oleh tim dari Universitas Brawijaya.

Untuk pemenang LKTI tingkat Mahasiswa pada AMW tahun ini dimenangkan oleh tim tuan rumah yaitu tim dari Unair yang beranggotakan mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Unair. “Penentuan pemenang merupakan keputusan bulat dari dewan juri melalui proses penilaian yang sama antar peserta. Bagi saya itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Fakultas Perikanan dan Kelautan Unair” komentar Rizaldi selaku PIC acara AMW 2019 tentang terpilihnya tim tuan rumah sebagai juara.

Pada AMW tahun ini SMKN 1 Jember membawa dua trofi juara yaitu juara karya tulis ilmiah dan juara prototupe terbaik. Kategori presentasi terbaik tingkat siswa diraih oleh SMK Farmasi Surabaya. Untuk kategori mahasiswa, tim dari Institut Sepuluh November Surabaya berhasil meraih nominasi presentasi terbaik, sedangkan untuk prototipe terbaik berhasil diraih oleh tim dari Universitas Diponegoro.

Rencananya Airlangga Maritime Week akan diadakan setiap tahun oleh Badan Eksekutif Mahasiswa sebagai wahana bagi pelajar baik siswa ataupun mahasiswa untuk berlomba-lomba berinovasi dalam pembangunan sektor perikanan dan kelautan. “Harapan untuk AMW tahun depan adalah semoga dapat lebih baik lagi, dan peserta yang berpartisipasi dalam acara ini semakin banyak dan beragam dari berbagai penjuru wilayah Indonesia” sambung Rizaldi.

Penulis
Akbar Maulana
Mahasiswa Prodi Akuakultur FPk
Email: akbar24maulana05@gmail.com

Loading

5/5