FPK UNDANG DOSEN TAMU DARI UNIVERSITI MALAYSIA TERENGGANU

image
By abdillah On Kamis, Agustus 22 nd, 2019 · no Comments · In

Berita FPK. Departemen Kelautan Universitas Airlangga kembali mengundang Dosen Tamu dari universitas manca negara. Kegiatan Rutin tahunan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan baik keilmuan terkait perikanan dan kelautan maupun meningkatkan kemampuan bahasa mahasiswa. Kegiatan kuliah tamu diselenggarakan selama dua hari (19-20 Agustus 2019).

Kuliah tamu kali ini mengambil topik pemanfaatan hasil samping perikanan. Datang sebagai dosen tamu yaitu Dr. Nor Fazliana Binti Mohtar dari Universiti Malaysia Terengganu, Malaysia. Kegiatan Kuliah tamu diikuti sebanyak 84 orang mahasiswa semester 5 Program Studi Teknologi Hasil  Perikanan FPK UNAIR. Dalam kuliah, Dr. Fazliana memberikan gambaran umum potensi bahan ikan yang bisa dihasilkan seperti daging ikan untuk surimi,  potensi bahan samping yang dihasilkan dari pengolahan produk ikan. “ Dari ikan yang telah dilakukan proses fillet, maka akan dihasilkan bahan samping yang cukup banyak. Kepala ikan, kulit ikan, sisik, tulang bahkan saluran pencernaan ikan. Dari bahan yang tidak terpakai tersebut  bisa dihasilkan bahan seperti kolagen, gelatin dan hidroxiapatid (Hap). Bahan- bahan tersebut memiliki fungsi yang banyak dan bernilai ekonomi yang tinggi. Sebut saja Hap, bahan yang dapat diekstrak dari tulang ikan patin dapat digunakan sebagai bahan pengisi pasta gigi yang lebih aman dbandingkan dengan bahan yang kimia sintetis yang banyak digunakan selama ini.” Jelas Dosen lulusan University Aukland New Zealand ini.

Selama dua hari kunjungan tidak hanya kuliah tamu yang diberikan, bersama mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Perikanan semester 7 Dr. Fazliana memberikan coaching clinic penyusunan konsep dan proposal penelitian. Dr. Fazliana juga menunjukkan hasil produksi bahan Hap yang diisolasi dari tulang Ikan Patin yang sudah siap pakai. Untuk meningkatkan kolaborasi penelitian, tidak lupa juga Dr. Fazliana juga berdiskusi dengan anggota  departemen kelautan. Ketua departemen Kelautan Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR berharap ke depan bisa melanjutkan kerjasama dalam hal penelitian dan publikasi artikel ilmiah khususnya topik pemanfaatan hasil samping perikanan dengan UMT.

Penulis
Annur Ahadi Abdillah
Departemen Kelautan
Email: annur.ahadi@fpk.unair.ac.id

 992 total views,  2 views today

Please follow and like us:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
YOUTUBE
Instagram