Close
Pendaftaran
FPK UNAIR

Tantangan Budidaya Udang Indonesia: Pemenuhan Ekspor Produk Perikanan

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Tantangan Budidaya Udang Indonesia: Pemenuhan Ekspor Produk Perikanan

Bagikan

Industri perikanan, khususnya budidaya udang, dihadapkan pada tantangan signifikan dalam pemenuhan target ekspor produk perikanan. Melibatkan para ahli terkemuka dari berbagai latar belakang, kami menjelajahi berbagai aspek yang mempengaruhi kelangsungan dan perkembangan industri ini.

 

Tantangan Utama: Penyakit Udang

Penyakit Udang: Ancaman Serius bagi Produksi

Prof. Dr. Ir. Gunanti Mahasri M.Si, seorang akademisi terkemuka dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga, menyatakan bahwa “penyakit udang menjadi tantangan utama dalam budidaya udang di Indonesia.” Penyakit seperti WSSV (White Spot Syndrome Virus) dan EMS (Early Mortality Syndrome) menyebabkan penurunan produksi dan merugikan industri.

 

Upaya Inovatif: Budidaya Udang yang Berkelanjutan

Budidaya Udang: Inovasi untuk Keberlanjutan

Ir. Hardi Pitoyo, Direktur Utama PT. Surya Windu Kartika, berbicara tentang upaya inovatif dalam budidaya udang. “Menerapkan teknologi yang lebih canggih, seperti penggunaan sistem pemurnian air dan pakan berkualitas tinggi, dapat meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan budidaya udang.”

 

Peran Kunci: Pabrik Pakan Berkualitas

Pabrik Pakan: Peran Strategis dalam Pemenuhan Kebutuhan

Ir. H. Arianto, Kepala Unit Aquafeed Gresik PT. Suri Tani Pemuka, menyoroti peran kunci pabrik pakan berkualitas dalam mendukung budidaya udang yang sukses. “Pakan berkualitas tinggi tidak hanya meningkatkan pertumbuhan udang tetapi juga membantu meningkatkan daya tahan terhadap penyakit.”

 

Kolaborasi sebagai Kunci Sukses

Membangun Sinergi Industri: Kunci Pemenuhan Ekspor

Untuk mengatasi tantangan ini, kolaborasi antara akademisi, pelaku industri, dan pemerintah menjadi krusial. Melalui sinergi, kita dapat mengembangkan strategi yang holistik untuk memastikan kelangsungan dan pertumbuhan industri budidaya udang Indonesia.

Dalam menghadapi tantangan ini, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pemimpin global dalam ekspor produk perikanan. Melalui inovasi, kolaborasi, dan komitmen terhadap keberlanjutan, kita dapat membangun masa depan industri perikanan yang cerah.

#BudidayaUdang #EksporPerikanan #Keberlanjutan #InovasiPerikanan #IndustriPerikananIndonesia

Loading

5/5