Close
Pendaftaran
FPK UNAIR
  • English
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

KUNJUNGAN MONEV PKL FPK UNAIR KE WILAYAH LAMONGAN DAN TUBAN

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

KUNJUNGAN MONEV PKL FPK UNAIR KE WILAYAH LAMONGAN DAN TUBAN

Bagikan

Berita FPK.

Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR terus mendorong adanya peningkatan Mahasiswa untuk selalu belajar dan berkembang untuk meningkatkan hard skill dan soft skill kualitas sumberdaya manusia yang sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi dari FPK UNAIR, dengan salah satu kegiatan berupa Praktek Kerja Lapangan (PKL) di lembaga atau institusi terkait. PKL didasarkan adanya beragamnya bidang kerja yang dapat dimasuki oleh lulusan Program Studi S-1 Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga memungkinkan dapat dilakukan pelatihan pengenalan dunia kerja dalam berbagai bentuk. Dengan adanya pelaksanaan Praktek Kerja Lapang (PKL) diharapkan mahasiswa akan memiliki pengalaman mengenai situasi serta kondisi dunia kerja sekaligus permasalahan yang akan dihadapi serta menemukan solusi yang berdasarkan teori dan fakta yang ada dilapangan, sehingga hal ini dapat menjadi pelajaran serta bekal yang berharga bagi mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Dalam rangka pengendalian pelaksanaan program kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) maka diperlukan adanya Monitoring dan Evaluasi (MONEV) untuk pengembangan program studi sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, baik secara kualitatif yaitu berupa evaluasi terhadap ada tidaknya perbaikan ke arah tujuan yang diinginkan, maupun secara kuantitatif yaitu ada tidaknya peningkatan indikator kinerja pada setiap akhir pelaksanaan program kegiatan ataupun selama program kegiatan berlangsung.

Pelaksanaan kunjungan MONEV PKL dilaksanakan oleh dua orang Staf Dosen FPK UNAIR yaitu Eka Saputra, S.Pi., M.Si. dan Annur Ahadi Abdillah, S.Pi., M.Si., Ph.D. serta dibantu oleh dua orang tenaga kependidikan yaitu Bastomi Fahriszal, A.Md.Per dan Sumadi Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 19 – 20 September 2023. Lokasi MONEV. Lokasi hari pertama yaitu PT. Insan Citraprima Sejahtera Tuban dan PT. Bahari Biru Nusantara Lamongan. Kegiatan MONEV hari Kedua fokus di daerah Lamongan yakni di PT. Bumi Menara Internusa. Dalam MONEV kali ini kita diterima dengan baik oleh pihak institusi dan lembaga, serta mendapatkan informasi yang positif dari pihak lembaga institusi, mahasiswa yang PKL berperilaku baik dan cukup mumpuni dalam menerima pembelajaran yang ada di institusi bersangkutan. Serta ada beberapa juga yang ingin melanjutkan pembelajaran dengan melanjutkan penelitian skripsi di tempat PKL. Perusahaan tersebut juga berkenan menjadi tempat atau lokasi kegiatan MBKM mahasiswa/mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga.

Kunjungan MONEV berjalan cukup lancar dan dihasilkan informasi di bidang riset dan teknologi yang ada di lapangan serta draft Perjanjian Kerjasama (PKS) untuk menunjang dibidang pendidikan antar lembaga.

5/5