LECTURER OF THE MONTH: Dr. Gunanti Mahasri, Ir., M.Si.

image
By Ayu Lana Nafisyah On Minggu, April 11 th, 2021 · no Comments · In

Dr. Gunanti Mahasri, Ir., M.Si. yang akrab dipanggil Bu Gun adalah seorang dosen yang dikenal sebagai sosok yang menginspirasi dan dihormati. Tidak sedikit dari mahasiswanya yang termotivasi di setiap perkuliahan yang beliau bawakan. Beliau terkesan sangat ramah dan penyabar terhadap para mahasiswa.

Dr. Gunanti menyelesaikan pendidikan S1 program studi Perikanan di Universitas Diponegoro (1979-1984). Kemudian beliau melanjutkan studi S2-nya ke Institut Pertanian Bogor (1994-1996) dengan program studi Kedokteran Hewan (Sains Veteriner). Tidak cukup sampai di situ juga, beliau kemudian melanjutkan program S3 Biologi UNAIR (2004-2007) dengan mengambil program khusus Imunologi Udang (Shrimp Immunology).

Selain itu, beliau juga mengajar di program pasca sarjana. Terdapat sekitar 9 mata kuliah (Parasit dan Penyakit Ikan I & II, Karantina Ikan, Pengenalan Oceanografi, Manajemen Kualitas Air, HACCP, Teknologi Pembenihan Ikan, Teknologi Produksi Perikanan, dan Teknologi Penangkapan Ikan) yang beliau pegang. Untuk program Master atau S2, beliau mengajar 4 mata kuliah, yaitu Imunologi Ikan dan Udang, Teknik Budidaya Perairan, Bioteknologi Lingkungan, dan Bioteknologi Industri Perikanan.

Beberapa bidang penelitian beliau diantaranya yaitu: Bioteknologi Kesehatan Ikan, Imunologi Ikan dan Udang, dan Bioteknologi Akuakultur. Selama berkarir beliau juga mendapatkan dua penghargaan tinggi di tahun 2007. Kedua penghargaan tersebut adalah predikat Cumlaude yang diberikan oleh Direktur Program Pascasarjana saat beliau menyelesaikan studi S3 dan penghargaan Best Speakers of National Fisheries Products Seminar oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Telah banyak sumbangsih Dr. Gunanti dalam keterlibatan di beberapa topik penelitian. Salah satu penelitian beliau di tahun 2018 yaitu terkait cara meminimalisir kematian udang vaname dengan metode pengembangan imunostimulan berbahan dari hasil uji coba protein membran imunogenik Zoothamnium penaei.

Selain sudah lama mengajar dan melakukan banyak penelitian, Dr. Gunanti juga telah banyak sekali memberikan pelayanan pada masyarakat sebagai bentuk pengabdian. Dan banyak juga kegiatan beliau sebagai instruktur maupun pembicara pada beberapa workshop dan pelatihan. Bagi mahasiswa khususnya, achievement yang diraih oleh Dr. Gunanti ini menjadi panutan untuk ditiru demi meningkatkan ilmu perikanan dan kelautan Indonesia.

Profil Dosen Departemen Akuakultur, Dr. Gunanti (Sumber: fpk.unair.ac.id)

Penulis : Muhammad Ichwan Firmansyah (THP, 2020)

Editor: Ayu Lana Nafisyah

 62 total views,  2 views today

Please follow and like us:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
YOUTUBE
Instagram