Close
Pendaftaran
FPK UNAIR

Aplikasi Sailor Card : Media Interaktif kenalkan Dunia Maritim

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Aplikasi Sailor Card : Media Interaktif kenalkan Dunia Maritim

Bagikan

Berita FPK- Indonesia merupakan negara yang dua per tiga wilayahnya adalah lautan, sehingga disebut sebagai negara maritim. Namun sungguh miris jika melihat kenyataan bahwa hanya segelintir anak bangsa yang mengetahui tentang dunia maritim. Kurangnya wadah pengetahuan kemaritiman menjadi faktor utama dari permasalahan tersebut. Oleh karena itu, mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga membuat terobosan terbaru untuk membuat aplikasi smartphone dengan perpaduan gambar 3D yang diberi nama Sailor Card.

Aplikasi berbasis Augmented Reality Card tersebut merupakan proyek PKM Karsa Cipta yang dipelopori oleh Desy Intan Permata Sari (2016), Salma Nada Fauziah (2016) dan Farid Naufal Agung (2017), dengan dosen pembimbing Fakultas Perikanan dan Kelautan Bapak Kustiawan Tri Pursetyo, S.Pi., M.Vet.

Bertema edukasi bagi anak-anak, dengan adanya aplikasi berbasis Augmented Reality Card ini dapat menjadi panduan belajar dunia maritim yang mudah, interaktif, dan menyenangkan bagi anak-anak. “Dekatnya anak-anak “Zaman Now” dengan dunia gadget sudah tidak bisa dihindarkan lagi, hal tersebutlah menjadi potensi besar bagi kami dalam mengembangkan edukasi kemaritiman dengan menggunakan aplikasi ini, “tutur Desy selaku Ketua Tim.

Pengertian dari Augmented Reality sendiri adalah sebuah istilah untuk lingkungan yang menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual yang dibuat oleh komputer sehingga batas antara keduanya menjadi sangat tipis. Sistem ini lebih dekat kepada lingkungan yang  nyata (real). Karena itu, reality lebih diutamakan pada sistem ini. Dengan bantuan teknologi Augmented Reality, lingkungan nyata disekitar kita akan dapat berinteraksi dalam bentuk digital (virtual). Informasi tentang objek dan lingkungan disekitar kita dapat ditambahkan ke dalam sistem Augmented Reality yang kemudian informasi tersebut ditampilkan diatas layer dunia nyata seolah-olah informasi tersebut adalah nyata.

Dalam aplikasi Sailor sendiri terdapat tiga informasi yang akan dimunculkan tentang dunia kemaritiman, yakni klasifikasi, morfologi dan penyebaran. Sedangkan, Sailor Card sendiri berisikan 15 kartu yang meliputi 5 aspek yakni ikan pelagis, avertebrata, mangrove, lamun dan kapal. Sehingga aplikasi tersebut dapat menjadi media yang tepat untuk membantu anak-anak mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu.

Apabila ingin mendapatkan aplikasi game Sailor Card bisa langsung saja download di Google Play Store dengan keyword “Sailor Augmented Reality”, Jelas Salma. “Diharapkan dari ke 5 aspek yang dimunculkan pada Sailor Card dapat merepresantasikan dunia maritim dan dapat menjadi media pembelajaran yang edukatif dan kreatif bagi anak-anak, “jelasnya.

Narahubung :

Desy Intan Permata Sari

No. Telepon : 085230744952

Id line : desyintanps

Email : desyintanpermatasari1997@gmail.com

Penulis : Annur Ahadi Abdillah

Editor   : Dwi Yuli Pujiastuti

Loading

5/5