Close
Pendaftaran
FPK UNAIR
  • English
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Pesona “Pink Beach” dari Sisi Sains

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga

Pesona “Pink Beach” dari Sisi Sains

Bagikan

Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan wisata Pink Beach yang terletak di kota Lombok. Wisata ini menghadirkan pesona pantai yang indah dengan pasir pantainya yang apabila dilihat dari kejauhan nampak berwarna merah muda. Fenomena pasir berwarna merah muda ini tentunya sangat jarang ditemui, bahkan hanya ada 7 negara saja yang memiliki keindahan “Pink Beach” ini diantaranya adalah Filipina, Italia, Karibia, Bahamas, Yunani, Bermuda dan tentunya Indonesia.

Pantai eksotis yang langka ini terletak di provinsi NTB (Nusa Tenggara Barat) tepatnya di Kabupaten Lombok Timur, Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru yang berjarak sekitar 80 km dari ibukota NTB. Warna merah muda yang nampak dari kejauhan terjadi akibat proses alami akibat pecahan koral, kerang, dan kalsium karbonat yang berasal dari hewan laut yang banyak dijumpai pada perairan dangkal pantai pink ini. Selain itu, keberadaan Foraminifera yang cangkangnya kemerahan juga turut mempengaruhi asal muasal pasir terlihat berwarna merah muda.

Di saat cuaca cerah, warna pink pada pasir tidak terlalu mencolok sehingga nampak putih kekuningan. Agar dapat melihat fenomena pasir pink, waktu yang tepat adalah ketika pagi dan sore hari menjelang matahari terbenam. Namun warna pink akan terlihat lebih jelas jika cuaca sedang mendung atau hujan. Terdapat beberapa aktivitas yang dapat dilakukan sembari menikmati indahnya pantai pasir pink, diantaranya adalah berenang, berkemah, memancing dan snorkeling. Kegiatan snorkeling tersedia di bagian dangkal pantai. Para wisatawan yang berkunjung dapat menyewa perahu yang nantinya bisa digunakaan untuk berkeliling mengunjungi spot tertentu di pantai ini.

Tidak hanya snorkeling, karena daerah pantai pink memiliki arus yang tenang, banyak pengunjung yang menghabiskan waktunya dengan berenang. Warna airnya yang jernih membuat betah untuk menikmati keindahan bawah laut. Jika wisatawan ingin berkemah pantai pink pun juga bisa dijadikan tempat untuk camping karena kawasan pantai ini memiliki tanah datar yang cukup luas.

Pesona Pink Beach di Lombok (Sumber: ekalomboktour.com)

#Coastlines #CoastalEcosystems #Fisheries #Marine

Sumber Referensi :

Fanny, F., Swandi, I.W., Raditya, A. 2014. Perancangan Destination Branding Pantai Pink Kabupaten Lombok Timur. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4): 12

Toda, H. 2017. Keanekaragaman Nusa Tenggara Timur Sebagai Provinsi Pariwisata Berkelas Dunia. Jurnal Administrasi Publik, 8(1): 88-102

 

Penulis : Melinda Kusuma Ningrum (Akuakultur, 2019)

Editor : Esza Rezky Amaliandini (Akuakultur, 2017)

5/5